Rabu, 07 Oktober 2009

Chuseok - Thanksgiving na Korea


Entri pertama q soal Korea kali ini,, aq bakal ngebahas soal kebudayaan Korea yg akhir2 nie baru ajha di rayain ama orang2 Korea sana. Yaitu hari raya Chuseok,, tau gak sih Chuseok ntuh apa?
Yahhh Chuseok ntuh kalo menurut q sih kayak semacam Thanksgiving na Korea gtu~
Buat lebih lengkap na lagi, coba ajha deh baca artilkel yg q dapetin di Mbah Wiki di bawah ini~ ^^

Chuseok atau ditulis sebagai Chusok (Hari bulan purnama) adalah hari libur resmi di Korea yang dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke-15 kalender lunar. Perayaan ini berupa pesta makan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen, sehingga juga disebut juga sebagai Hari Panen, Festival Bulan Musim Panen, atau Hankawi ("han" = "raya", "kawi" = "tengah", "hari besar di tengah-tengah musim gugur".

Hankawi sudah dikenal sejak periode awal Kerajaan Silla (57 SM - 935) dalam bentuk perlombaan menenun antara dua tim. Pada hari Hankawi, tim dengan hasil tenunan yang paling panjang dinyatakan sebagai pemenang, sedangkan tim yang kalah harus mentraktir tim yang menang dengan berbagai macam makanan yang enak-enak.

Di zaman sekarang, perayaan Chuseok merupakan kesempatan orang Korea untuk pulang ke kampung halaman untuk mengunjungi altar leluhur. Di pagi hari, orang Korea melakukan penghormatan terhadap arwah leluhur dalam bentuk ziarah ke makam untuk merapikan tanaman dan tanah sekitar makam. Arwah leluhur juga disuguhi makanan, buah-buahan dan minuman. Hasil panen tahun itu juga ikut dipersembahkan kepada arwah leluhur.

Perayaan Chuseok juga merupakan kesempatan untuk berterima kasih kepada arwah leluhur. Makanan istimewa liburan Chuseok adalah kue Songpyeon (송편) dari tepung beras diisi kacang atau wijen.

Nah,, sekarang udah tau khn apa itu Chuseok??
Hahahahaha,, kalo di sana,, mereka pada pulang kampung na saat Chuseok,, kita mah pas lebaran.

Seneng bgt kalo udah ada event2 akayak gni d Korea sana. Pasti banyak bgt acara2 d statiun tv korea yg nayangin acara2 Sspecial Chuseok~ pkok na mantabh bgt deh!!
Cuma yang bqin repot ntuh,, saking banyak na acara,, ampe2 aq kewalahan ng'donlodin satu2 acara na..
Mana seru2 pulaaa XDD

0 komentar:

Posting Komentar